Ternyata Najwa Shihab Mau Jadi Menteri?


Lahir Najwa Shihab
Pekerjaan Pembawa acara, Presenter, Berita
Tahun aktif 2001–2017
Agama Islam
Pasangan Ibrahim Sjarief Assegaf
Anak Izzat Assegaf
Orang tua Quraisy Shihab
Fatmawati Assegaf

Najwa Shihab yang akrab dipanggil Nana (lahir di Makassar, 16 September 1977; umur 39 tahun) adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Ia pernah menjadi anchor program berita prime time Metro Hari Ini, Suara Anda dan program bincang-bincang Mata Najwa. Najwa adalah putri kedua Quraisy Shihab, Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII. Nana menikah dengan Ibrahim Assegaf, dan sudah memiliki satu orang anak laki-laki yang akrab dipanggil Izzat (14 tahun).

Najwa adalah alumni Fakultas Hukum UI tahun 2000. Semasa SMA ia terpilih mengikuti program AFS, yang di Indonesia program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Amerika Serikat. Merintis karier di RCTI, tahun 2001 ia memilih bergabung dengan Metro TV karena stasiun TV itu dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Pada bulan Agustus 2017, ia secara resmi telah mengundurkan diri dari MetroTV yang telah membesarkan namanya.

Beredar kabar bahwa Najwa Shihab yang berhenti jadi jurnalis Metro TV dan mengakhiri acara Mata Najwa ternyata akan masuk ke dalam Kabinet Jokowi sebagai menteri sosial menggantikan Khofifah yang akan maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur. Isunya, Jokowi akan mengumumkan reshufle Kabinet nanti tanggal 16 Agustus 2017.

Jika memang demikian, ini langkah brilian Jokowi untuk memperkuat skuad kabinetnya. Reputasi Najwa sebagai jurnalis yang cerdas , berani, dan jujur tentu sangat dibutuhkan oleh Jokowi untuk mengakselerasi program serta kebijakannya. Tetapi bisa juga ketika seorang idealis masuk ke struktur kekuasaan maka ia akan frustasi karena terbelenggu oleh budaya dan sistem birokrasi. Itu pada umumnya. Tetapi kalau dilihat di Kabinet Jokowi, banyak orang idealis dan berani yang ternyata bisa bebas bergerak.

Contohnya Susi Oujiastuti, Sri Mulyani Indrawati, Ignatius Jonan, dan lain-lain. Semoga kalau masuk kabinet Najwa Shibab bisa bergerak leluasa dan berani dan bisa mewarnai kabinet Jokowi.

Mata Najwa sendiri telah mengudara selama 511 episode sejak penayangan perdananya pada 25 November 2009. Talkshow ini memang memiliki ciri khusus mengangkat wawancara bersama narasumber-narasumber kelas satu. Seperti disebutkan sebelumnya, wawancara dengan Penyidik KPK, Novel Beswedan menjadi episode terakhir.

"Pada penghujung Agustus nanti, Mata Najwa akan menayangkan episode final, 'Catatan Tanpa Titik'. Sebelumnya, juga akan dibuat episode kolase dari berbagai tayangan sebelumnya," mengutip keterangan Najwa Shibab.


Belum jelas apa yang akan dilakukan Najwa Shibab selanjutnya. Namun, dalam keterangannya, putri Quraish Shihab ini mengucapkan terima kasih atas pengalaman bekerja yang diberikan Metro TV.

"Menjadi reporter Metro TV pada bulan Agustus 2000, perjalanan saya bersama Metro TV juga akan berakhir pada bulan yang sama. Ini adalah Agustus penghabisan," tulis Najwa Shihab.

Sumber :liputan6.com, Kompasiana.com, dan id.wikipedia.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Najwa Shihab Mau Jadi Menteri? "

Post a Comment