Soal berikut akan memberikan pendalaman materi bagi anda yang sedang belajar tentang soal manajemen kualitas lengkap jawaban dalam bentuk pilihan ganda.
-
a. Syarat-syarat dalam proses perencanaanb. Digunakannya sistem produksi tarik dengan kartu Kanbanc. Tersedianya peralatan secara maksimum sehingga mencegah kerusakan mesind. Tanggap terhadap orang-orang dalam sistem atau organisasiJawaban: d
- Gap atau kesenjangan kedua dalam model kualitas pelayanan adalah…a. Ketidaktahuan terhadap keinginan pelangganb. Perbedaan kinerja pelayananc. Kesalahan dalam standar kualitasd. Perbedaan antara pelayanan yang diharapkan dengan pelayanan yang diterimaJawaban: c
- Pengertian kualitas sebagai upaya dalam memperbaiki kinerja organisasi dengan menggunakan metode cause and effect diagram dikemukakan oleh...a. Ishikawab. Demingc. Garvind. ElliotJawaban: a
- Proses produksi dilaksanakan berdasarkan kemampuan tanpa memperhatikan permintaan pelanggan kemudian berubah menjadi lebih fokus pada kebutuhan dan harapan pelanggan merupakan perubahan budaya dari…a. Pengendalian ke pemberdayaanb. Fokus internal ke fokus eksternalc. Inspeksi ke pencegahand. Fokus eksternal ke fokus internalJawaban: b
- Perubahan budaya memerlukan perubahan mendasar dari…a. Para pejabat perusahaanb. Para personil perusahaanc. Orang ahli atau para spesialis sajad. Pimpinan puncakJawaban: b
- Perubahan dalam JIT mendorong dilakukannya sinkronisasi dengan supplier sehingga proses produksi harian dapat berjalan dengan lancar merupakan taktik penggabungan sistem MRP II dan sistem JIT menurut Schneiderjans yaitu…a. Meningkatkan fleksibilitas dengan karyawanb. Menyusun layout yang tepatc. Pengubahan dalam kebijakan pemesanan dengan pelanggand. meningkatkan fleksibilitas dalam kebijakan pembelian dengan supplierJawaban: d
- Kemampuan mewujudkan pelayanan yang dijanjikan secara akurat dan dapat dipercaya merupakan dimensi dari kualitas pelayanan yaitu…a. Responsivenessb. Emphatyc. Reliabilityd. TangiblesJawaban: c
- Learning organization menurut Pedler et al. adalah…a. Proses, cara atau perbuatan mempelajarib. Organisasi yang dapat menangani dan siap menghadapi tantanganc. Organisasi yang mendukung proses pembelajaran semua anggota dan terus menerus mengadakan perubahand. Hasil pembelajaran dan perilaku anggotanya, karena organisasi terdiri dari orang-orang yang berpengaruhJawaban: c
- Salah satu perbedaan antara tradisional HRM dengan TQHRM dalam karakteristik proses adalah…a. Tradisional HRM, berdasar pekerjaan sedangkan TQHRM berdasar personaliab. Tradisional HRM, orientasi pada karyawan sedangkan TQHRM orientasi pada sistemc. Tradisional HRM, nomothetic sedangkan TQHRM pluralisticd. Tradisional HRM, sentralisasi sedangkan TQHRM desentralisasiJawaban: d
- Tujuan dari benchmarking adalah…a. Mempertahankan dan mengadakan peningkatan jangka panjang dari proses bisnis inti yang menyediakan keunggulan daya saingb. Mengadakan perbaikan penting yang dramatik dan mengukur performansinya dengan biaya, kualitas, dan kecepatanc. Menciptakan model baru untuk merealisasikan sasaran performansid. Mengadakan perbaikan khusus pada satu departemenJawaban: a
- Untuk mencapai sasaran kinerja dan kualitas diperlukan manajemen proses yang berdasarkan informasi, data dan analisis yang dapat dipercaya, merupakan konsep inti dalam Strategic Quality Management yaitu…a. Strategic quality planningb. Fact base managementc. Leadershipd. Continous improvementJawaban: b
- Hasil yang dicapai dari organisasi belajar adalah…a. Perubahan perilaku secara nyatab. Perubahan perilaku potensialc. Perubahan organisasi secara kuatd. Perbaikan organisasiJawaban: a
- Konsep pembelajaran pragmatik untuk pembelajaran kelompok yaitu…a. Siklus pembelajaran kelompokb. Siklus belajaran berdasarkan pengalamanc. Kondisi yang membantu siklus pembelajarand. Evolusi organisasi berdasarkan pengetahuanJawaban: a
- Model pembelajaran dengan mengubah perilaku jangka pendek berupa koreksi terhadap kesalahan yang dilakukan sistem pembelajaran adalah merupakan lingkar...a. Tunggalb. Gandac. Multid. ParalelJawaban: a
- Menghilangkan pemborosan dalam JIT akan menimbulkan…a. Berkurangnya lead timeb. Memperbaiki aliran produksic. Meningkatnya produktivitas perusahaand. Berkurangnya berbagai persediaanJawaban: c
- Affinity diagram merupakan alat pengendalian kualitas untuk...a. Membuat suatu standarisasi operasi yang ada maupun yang direncanakanb. Menyaring data yang berjumlah besar dan menciptakan pola pikir baruc. Mencari penyebab utama suatu masalahd. Mencari penyebab minor yang merupakan bagian dari penyebab utamaJawaban: b
- Grafik yang menunjukkan variasi ukuran sepanjang waktu, kecenderungan, daur dan pola lain dalam suatu proses disebut...a. Control chartb. Check sheetc. Run chartd. Analisis matriksJawaban: c
- Metode untuk membantu mengidentifikasi hubungan produk atau proses hasil indentifikasi kebutuhan pelanggan dengan teknik QFD disebut...a. Hoshin planningb. Daily controlc. The house of qualityd. Taguchi’s robust designJawaban: d
- Alat manajemen yang digunakan untuk mengevaluasi, mengkonfirmasi atau memverifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan kualitas disebut audit...a. Kualitasb. Sistemc. Prosesd. Kebijakan dan programJawaban: a
- Auditor sistem manajemen mutu sebaiknya memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus dalam bidang…a. Ilmu pengetahuan dan teknologi lingkunganb. Metode dan teknik yang terkait dengan mutuc. Metode dan teknik manajemen lingkungand. Prinsip-prinsip, prosedur dan teknik auditJawaban: b
- Dalam industri jasa, pelanggan berperan sebagai..a. Konsumenb. Outputc. Inputd. Konsumen sekaligus inputJawaban: d
- Salah satu dimensi kualitas yang menekankan pada kepercayaan pelanggan terhadap produk karena kehandalannya atau kemungkinan rusaknya rendah adalah...a. Performanceb. Featurec. Reliabilityd. ConformanceJawaban: c
- Jenis produktivitas tenaga kerja yang khusus disediakan bagi pelayanan adalah...a. Produktivitasb. Produktivitas jenis Ic. Produktivitas jenis IId. Produktivitas jenis IIIJawaban: b
- Dalam pandangan tradisional, penerapan atau implikasi JIT dan TQM digunakan secara terpisah mempunyai tingkat efektivitas…a. Rendahb. Sedangc. Tetapd. Paling tinggiJawaban: a
- Peran tim proyek dalam mewujudkan manajemen kualitas adalah…a. Menyelesaikan masalah dalam departemen yang bersangkutanb. Merencanakan kualitas dari suatu proses yang bersifat lintas fungsic. Mengendalikan pekerjaan untuk mencapai tujuand. menyelesaikan masalah yang sifatnya lintas fungsiJawaban: d
- Menurut Oakland, ciri dari karakteristik pimpinan TQM yang handal adalah…a. Mempunyai targetb. Komitmen terhadap pelatihan karyawanc. Keadilan dalam membagi wewenang dan tanggung jawabd. Beradaptasi terhadap perubahanJawaban: a
- Elemen Total Quality Leadership (TQL) yang merupakan dukungan bagi individu atau kelompok dengan menggunakan konsep perbaikan kualitas secara terus menerus dan berkesinambungan adalah…a. Continuous improvementb. Kepemimpinanc. Membangun tanggung jawabd. Komitmen terhadap pelatihanJawaban: b
- Komponen dari quality assurance yang merupakan upaya memenuhi kebutuhan pelanggan dengan produk dan jasa yang dibutuhkan adalah kualitas…a. Produkb. Profesionalc. Pelanggand. ProsesJawaban: c
- Penjaminan kualitas dapat dicapai melalui pengembangan…a. Sistem kualitasb. Supervisic. Inspeksid. PengendalianJawaban: a
- Perbedaan antara standarisasi dan diferensiasi adalah…a. Penjaminan kualitas bagi semua orang, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian orangb. Penjaminan kualitas bagi sebagian orang, sedangkan diferensiasi untuk semua orangc. Penjaminan kualitas bagi semua produk, sedangkan diferensiasi hanya untuk sebagian produkd. Penjaminan kualitas bagi sebagian produk, sedangkan diferensiasi untuk semua produkJawaban: a
- Persamaan antara MBNQA dan EQA dalam hal…a. Kinerja keuanganb. Penilaian tertinggi pada kepuasan pelangganc. Penghargaan bagi kesempurnaan produk atau jasad. Analisis dataJawaban: b
- Standar sistem manajemen lingkungan disebut…a. ISO 14000b. ISO 14001c. ISO 14002d. ISO 14003Jawaban: a
- Standar manajemen kualitas dan penjaminan kualitas yang merupakan pemandu untuk pemilihan dan penggunaan standar adalah...a. ISO 9000b. ISO 9001c. ISO 9002d. ISO 9003Jawaban: a
- Mempertahankan kepuasan pelanggan dan menanggapi keluhan dengan tindakan korektif merupakan manfaat registrasi ISO dari aspek...a. Pelangganb. Memenuhi pesanan pelangganc. Calon pembelid. ManajemenJawaban: d
- Dalam sistem produksi, untuk dapat membantu pull production system maka digunakan…a. Setup timesb. Andonc. Kanban cardd. JidokaJawaban: c
- Istilah Seiton dalam Just In Time (JIT) berarti…a. Disiplin di tempat kerja dengan melakukan pemisahan berbagai alat ditempatnya masing-masingb. Disiplin ditempat kerja dengan melakukan penyimpanan fungsional dan membuang waktu untuk mencari barangc. Disiplin ditempat kerja dengan melakukan pembersihan sebagai pemeriksaan dan tingkat kebersihand. Pembentukan kebiasaaan dan tempat kerja yang berdisiplinJawaban: b
- Fungsi pemimpin dalam meyakinkan anggota organisasi untuk menjalankan tugasnya sebaik mungkin merupakan fungsi...a. Strukturalb. Penegak kepatuhanc. Pemberian penghargaand. Fungsi pengembanganJawaban: b
- Contoh fokus pada pelanggan dalam mewujudkan kepemimpinan kualitas adalah…a. Pendefinisian visi dan misib. Pendefinisian pelangganc. Menggunakan pandangan jangka panjangd. Komunikasi vertikal dan horisontalJawaban: b
- Berusaha memotivasi pengikut melalui pemberian imbalan merupakan salah satu ciri dari kepemimpinan…a. Transformasionalb. Formalc. Transaksionald. InformalJawaban: c
- Perilaku kepemimpinan transformasional yang dapat memotivasi antusiasme diantara para pengikutnya terhadap tugas-tugas kelompok merupakan perilaku…a. Kharismatikb. Konsiderasi individualc. Stimulus intelektuald. Inspirasi dan memotivasiJawaban: d
- Menurut K.D Berlo, perbedaan antara kelompok kerja dan tim kerja dalam hal sinergi yaitu…a. Kelompok kerja positif, sedangkan tim kerja negatifb. Kelompok kerja netral, sedangkan tim kerja positifc. Kelompok kerja negatif, sedangkan tim kerja positifd. Kelompok kerja positif, sedangkan timkerja netralJawaban: b
- Konsep JIT dapat diterapkan pada produk yang bersifat intangibel yaitu…a. Persediaan obatb. Kayu olahanc. Pertambangand. Hasil hutanJawaban: b
- Suatu organisasi yang menganut filosofi bahwa segala sesuatu harus baik sejak dari awal proses produksi hingga akhir termasuk penyerahan jasa disebut…a. Zero defectb. Inspectionc. Pull systemd. Push systemJawaban: a
- Ahli manajemen kualitas yang memperkenalkan tiga proses kualitas yaitu quality planning, quality control dan quality improvement adalah...a. Feigenbaumb. Frederick Taylorc. Jurand. GarvinJawaban: c
- Dalam suatu organisasi untuk mencapai cost of quality optimum atau minimum dapat digunakan metode ...a. Standar kinerjab. Standar efektivitas kualitasc. Quality by objectived. Sistem pencapaian kualitasJawaban: c
Itulah soal mapel manajemen yang membahas tentang soal manajemen kualitas lengkap jawaban dalam bentuk pilihan ganda. Semoga bermanfaat untuk para pembaca
0 Response to "Soal Manajemen Tentang Manajemen Kualitas Lengkap Jawaban"
Post a Comment